Analisis Harga Pokok Produksi dan Pemasaran Produk

 Guna mendapatkan keuntungan dalam berwirausaha, tentu kita perlu menentukan harga jual produk berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menentukan harga jual produk


1. Teknik Menentukan Harga Jual

pada penentuan harga jual kita perlu memperhatikan beberapa hal berikut:

     1. Modal 

     2.  Material atau bahan baku

     3. Pembayaran tenaga kerja

     4. Pengeluaran lain lain

     5. Kelebihan produk 

     6. Presentase profit

2. Strategi Penentuan Harga dalam Bisnis Online

berikut berbagai cara yang dapat kita lakukan untuk menghitung harga jual suatu produk:

a. Penetapan harga berdasarkan biaya (cost based pricing) 

     1. Harga biaya plus (cost push pricing method)

          • Harga Jual = (Biaya Produksi) + Laba

     2. Harga mark-up

          • Harga Jual = Harga beli + Mark Up

     3. Harga break even

          • Harga break even dapat ditentukan dengan harga jual yang didasari pada permintaan pasar dengan masih memperhitungkan biaya.

b. Menentukan harga berdasarkan harga kompetitor

c. Penetapan harga berdasarkan permintaan (demand-based pricing) 

3. Penetapan Harga Pokok Produksi  (HPP)

    A. Hpp merupakan seluruh biaya yang dibutuhkan untuk membuat satu unit barang

    a. Manfaat penetapan harga pokok produksi

       1.  Memenangkan persaingan di pasar

       2. Menentukan penawaran harga jual suatu kontrak penjualan

       3. Menghitung nilai persediaan barang jadi

       4. Dasar menentukan harga jual

       5. Menghitung harga pokok penjualan

   b. Tujuan perhitungan harga pokok produksi

        berikut tujuan dan perhitungan harga pokok produksi

        1. Guna menilai penghematan dari proses produksi

        2. Guna penetapan yang terus-menerus dan analisis dari hasil perusahaan

        3. Guna menilai barang yang masih dikerjakan

        4. Guna menilai barang harga-harga yang dapat dicapai atau ditawarkan dan pendirian ekonomi perusahaan tersebut

        5. Guna memberikan bantuan untuk mendekati harga yang dapat dicapai


4. Break even point (BEP)

    B. BEP merupakan suatu kondisi dimana perusahaan tidak memperoleh laba dan juga tidak memperoleh rugi

    a. Manfaat BEP dalam bisnis online

        • Memberikan informasi mengenai berbagai tingkat volume penjualan, serta hubungannya dengan kemungkinan memperoleh laba menurut tingkat penjualan yang bersangkutan

       • Mengevaluasi laba dari perusahaan secara keseluruhan 

       • mengganti sistem laporan yang tebal dengan grafik yang mudah dibaca dan dimengerti

    b. Kelemahan penghitungan BEP

        • Hanya ada satu barang macam barang yang diproduksi atau dijual

    c. Metode penghitungan BEP

        • Pendekatan grafik 

          Rumus = biaya total (Biaya total) = Biaya tetap + Biaya variable)

        • Pendekatan persamaan 

          Y = cx-bx-a

        • Pendekatan margin kontribusi

           - BEP (unit) = Total biaya tetap/harga jual per unit - biaya variabel/unit

           - BEP (Rp) = Total biaya tetap/1 - total biaya variabel

 

2. Strategi Pemasaran Produk

    A. Unsur Pokok Strategi Pemasaran 

         Pemasaran Produk merupakan rencana yang menjabarkan ekspetasi perusahaan akan dampak dari berbagai aktivitas atau program pemasaran

   B. Pemilihan Strategi pemasaran

        • Tujuan atau sasaran produk

       • Peluang pasar 

       • Kesuksesan pasar (market succes)

   C. Pengembangan Strategi pasar

       • Segmentasi pasar

       • Penentuan posisi pasar ( market positioning)

       • Strategi memasuki pasar ( market entry strategy) 

   D. Strategi marketing Mix

       • Produk 

       • Harga

       • Distribusi

       • Promosi

       • Stpenentuan waktu

Komentar